Sabtu, 02 Oktober 2010

Kelompok, Apakah itu?

          Disini saya lampirkan beberapa definisi dari kelompok:

• Baron & Byrne (1979) : kelompok memiliki 2 tanda psikologis, yaitu pertama, adanya sense of belonging ; kedua, nasib anggota kelompok tergantung satu sama lain sehingga hasil setiap anggota terkait dengan anggota yang lain.
• Forsyth (1983) : kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling mempengaruhi melalui interaksi sosial.
• Cartwright & Zander (1968) : kelompok adalah kumpulan individu yang saling berhubungan sehingga saling bergantung pada derajat tertentu.

          Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa kelompok itu terdiri lebih dari dua orang/individu dan saling berinteraksi. Setiap individu dalam menjalani kehidupan sehari-harinya pasti tidak lepas dari adanya interaksi sesama individu, dalam hal apapun itu. Karena sesuai dengan yang dikatakan dalam ilmu sosial bahwa manusia adalah makhluk sosial (manusia itu tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya kehadiran individu lainnya). Sesuai juga dengan pengertian kelompok oleh Baron & Byrne, sense of belonging, yaitu rasa diterimanya kita dalam suatu kelompok, apakah kita termasuk dalam kelompok tersebut atau tidak. Dalam kelompok pasti terjadi interaksi antar individu, maka setiap hasil interaksi salah satu anggota kelompok, mempengaruhi individu yang lainnya dalam kelompok tersebut, sehingga nasib anggota kelompok tergantung satu sama lain.

Sumber: Handout Psikologi Kelompok oleh Klara Innata Arishanti, S.Psi
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar