Sabtu, 02 Oktober 2010

Kelebihan dan Kelemahan dalam Kelompok (dalam Proses Dinamika Kelompok)

        Dalam proses dinamika kelompok terdapat faktor yang dapat menghambat ataupun memperlancarnya, yaitu kelebihan dan kekurangandalam kelompok. Oleh karena itu, dibawah ini saya akan menyebutkan dan menjelaskan sedikit tentang kelebihan dan kekurangannya tersebut.   Kelebihan Kelompok   
a.      Keterbukaan antar anggota kelompok untuk memberi dan menerima informasi dan pendapat anggota yang lain. Dalam proses komunikasinya, masing-masing individu/anggota kelompok dalam suatu kelompok selalu menawarkan/memberikan informasi dan pendapat yang berbeda-beda. Secara otomatis, terjadilah pertukaran informasi dan pendapat terhadap sesama anggota kelompok, sehingga masing-masing anggotanya harus bisa menerima informasi dan pendapat dari anggota lainnya satu sama lain.
b.      Kemauan anggota kelompok untuk mendahulukan kepentingan kelompoknya dibanding kepentingan pribadi. Peran seseorang sebagai anggota kelompok dan sebagai individu amatlah berbeda. Sebagai anggota kelompok, kepentingan pribadi harus dikesampingkan, karena hasil setiap keputusan/interaksi yang terjadi dalam suatu kelompok mempengaruhi setiap anggota yang tergabung didalamnya satu sama lain. Maka dari itu, kepentingan kelompok harus didahulukan. 
Kekurangan Kelompok           
                Kelemahan pada kelompok bisa disebabkan karena waktu penugasan, tempat atau jarak anggota kelompok yang berjauhan yang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas pertemuan.
 Sumber: Wikipedia - Dinamika Kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar